Jumat, 06 April 2012

Top 10 Boyband Versi Billboard


Cerita mengenai kelahiran boyband memang bukanlah soal baru. Sebelum era boyband dan girlband asal Korea yang menebarkan demamnya keseluruh dunia, Indonesia sudah terlebih dahulu diserbu oleh boyband asal Amerika dan Eropa. Tentunya bagi yang mengikuti perkembangan musik tahun 80-an hingga sekarang, pasti merasakan sekali dampak dari boyband asal Amerika dan Eropa. Sebut saja Backstreet Boys, Boyzone, Westlife, Boyz II Men dan banyak lainnya.

Cerita menariknya, dilansir dari billboard.com, tangga lagu bergensi di Amerika Serikat, Billboard telah mengumpulkan siapa saja boyband-boyband yang paling populer untuk periode 80-an. Perhitungan peringkat ini berdasarkan pencapaian boyband-boyband tersebut di tangga lagu billboard, seperti Billboard 200 Chart (untuk kategori album) dan Billboard Hot 100 Chart (untuk kategori single) yang dihitung dari periode tahun 1987 hingga 2012.

Data yang dikumpulkan oleh billboard tersebut, menempatkan boyband Boyz II Men di posisi teratas “10 Biggest Boy Bands”, posisi ini layak disandang oleh boyband yang telah mengoleksi 4 Grammy Award itu karena berhasil bertahan di posisi pertama Billboard Hot 100 selama 16 minggu melalu lagu duet bersama Mariah Carey, “One Sweet Day”. Boyz II Men merupakan boyband yang paling sukses sepanjang sejarah, dengan menjual 10 album dengan predikat multi platinum dalam hal penjualan.

Posisi kedua ditempati oleh boyband asal Orlando, Florida, Amerika Serikat, Backstreet Boys. Nick Carter Cs ini mencatat sukses lewat album ‘Millennium” yang berhasil bertahan diposisi pertama “Billboard 200 Chart” selama 10 minggu. Backstreet Boys juga mencatatkan diri sebagai grup pertama yang bisa menempatkan 7 album di Top 10 Billboard 200 Chart. Cerita terbaru mengenai boyband yang ngetop di era 90-an ini sedang melaksanakan tur dunia bersama boyband “New Kids on the Block”.

Posisi ketiga, keempat dan kelima dalam daftar “10 Biggest Boy Bands” versi billboard berturut-turut adalah New Kids On the Block, N’SYNC dan All-4-One. Sementara itu posisi keenam ditempati oleh 112 yang pernah dianugerahi Grammy pada tahun 1997, boyband 98 Degrees menempati posisi ketujuh dalam daftar “10 Biggest Boy Bands” dan posisi tiga terbawah dalam daftar ini adalah Jonas Brothers (posisi 8), Hanson (posisi 9) dan New Edition (posisi 10).

Walau boyband-boyband yang disebut diatas sudah tak menunjukkan taringnya lagi karena perubahan selera bermusik, setidaknya mereka pernah mencatatkan diri sebagai yang terbaik pada masanya. Dan kini, demam K-Pop dengan boyband dan girlband menjadi semacam virus baru. Cerita-cerita tentang mereka juga tak pernah berhenti untuk dibahas.

Sumber : ceritamu.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review